Tuesday, February 3, 2015

Mata Betetku Sebelah Kanan Buta

Sejak kuadopsi pada April 2014, barulah hari Selasa (3 Feb 15) aku benar-benar handle salah satu betet Kalimantan betinaku. Selama ini, aku biarkan dia bersama teman-temannya yang lain di kandang yang agak besar, dengan maksud membuat mereka terbiasa dengan lingkungan ini.

Ketika aku mencoba melatih handfeed (memberi makan melalui tangan), reaksi si betina ini berbeda-beda. Ada kalanya dia cepat tanggap, ada kalanya dia cuek saja. Setelah kuamat-amati, ternyata matanya yang sebelah kanan buta. Bola matanya hitam semua.

Beda dengan mata kiri yang sehat, di pinggiran bola matanta ada lingkaran kekuningan. Aku membeli betet Kalimantan betina ini saat melakukan perjalaan di sebuah kampung pedalaman Kalimantan Barat.

Seorang petani yang kujumpai di sana memiliki banyak burung betet, jantan dan betina. Aku memilih seekor betina, karena di rumah sudah memiliki sepasang jantan dan betina. Jadi maksudnya, betina baru ini nantinya sebagai tambahan koloni (kelak ternyata jantannya mati mendadak sehingga rencana breeding tertunda).

Selama dipelihara pak petani, betet ini dipsangi rantai dengan ring dari batok kelapa di kaki kirinya. Saya tidak perhatikan, apakah matanya sudah buta sejak dari pak petani. Atau karena perkelahian dengan teman-temannya sekandang saat setelah kuadopsi.

Hal yang menarik dari betet ini, dia sudah mulai jinak, meski sama sekali belum jinak total. Tetapi karakternya sudah mulai tenang, tidak seperti hendak kabur. Meski kondisinya buta, aku tetap akan memeliharanya dan melatih beberapa trik.

1 comments:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~3:23 PM 15-Sep-20
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete